Selasa, 30 Juli 2013

095 Fisika 1 (001)

Siapa sih yang ga kenal pelajaran fisika? pasti udah pada kenalan kan?

Pada perkuliahan yang saya alami, saya mendapatkan mata kuliah fisika sebanyak tiga kali, yaitu fisika 1, 2, dan 3. Tentunya pelajaran fisika yang saya dapatkan adalah pelajaran fisika yang ada hubungannya dengan teknik, khususnya teknik elektro.

Pada semester pertama ini, fisika yang saya pelajari adalah fisika 1. Menurut saya, fisika 1 mempelajari tentang gerakan dan sebab-akibat dari gerakan tersebut.

Tapi itu menurut saya. Biar lebih jelasnya mari kita lihat apa yang tertulis di "Buku Kontrak Mata Kuliah".

Di Buku Kontrak Mata Kuliah tertulis bahwa mata kuliah Fisika 1 bertujuan untuk mengenal dan memahami hukum-hukum alam dan penalarannya sebagai dasar untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan mekanika yang diperlukan dalam teknik elektro.

Materi yang dipelajari pada mata kuliah Fisika 1 adalah:
  1. sistem dasar pengukuran fisis
  2. mekanika
  3. kinematika dan dinamika partikel
  4. kerja dan energi
  5. momentum linear dan tumbukan
  6. dinamika rotasi
  7. momentum sudut
  8. kecepatan dan percepatan tangensial
  9. gaya sentripetal dan sentrifugal
  10. getaran
  11. elastisitas
  12. mekanika fluida
  13. hukum termodinamika I & II
  14. entropi dan statistik
Lumayan banyak ya materi yang dipelajari. Seperti biasa, pembahasannya akan diberikan pada postingan selanjutnya. Jadi tetap pantau blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar