Sabtu, 11 Mei 2013

095 Bahan-Bahan Listrik (001)

Mata kuliah Bahan-Bahan Listrik atau sering disingkat BBL adalah mata kuliah yang penting untuk jaman yang serba mengandalkan material ini. Kenapa jaman ini dibilang jaman yang mengandalkan material?

Bisa dilihat pada kenyataannya, perusahaan handphone berlomba-lomba membuat handphone dengan ukuran yang minimalis agar lebih mudah dibawa dan digunakan. Namun tidak sekedar minimalis tapi juga harus kuat. Perusahaan televisi pun sama, mereka berlomba-lomba menciptakan televisi dengan ukuran super tipis. Bahkan sekarang ini sedang ingin diciptakan panel surya yang transparan. Jika hal itu terjadi maka tingkat efisiensi panel surya akan semakin bertambah dengan jalan menumpuk beberapa panel surya itu menjadi 1 tumpukan. Masih banyak lagi hal-hal lainnya yang menuntut penciptaan barang dengan material yang sesuai demi mendapatkan barang yang kita impikan.

Sudah jelas kita tidak bisa mengabaikan bahan-bahan yang akan kita pakai untuk menghasilkan kualitas produk yang memuaskan. Salah satunya dalam hal kelistrikan. Nah di mata kuliah inilah kita akan mempelajari bahan-bahan listrik.

Sebelum kita belajar Bahan-Bahan Listrik, saya akan memberitahukan apa saja yang akan kita pelajari di mata kuliah ini berdasarkan "Buku Kontrak Mata Kuliah". Mata kuliah BBL ini bertujuan untuk memberikan gambaran kualitatif mengenai sifat-sifat bahan yang penting dalam teknik elektro sehingga dengan demikian mahasiswa dapat memilih antara jenis-jenis unsur yang ada di pasaran dan mengikuti literatur dari produsen mengenai unsur-unsur yang baru.

Lalu yang dipelajari di mata kuliah Bahan-Bahan Listrik ini adalah:
  1. kriteria mengenai pemilihan bahan listrik
  2. kemagnetan
  3. struktur atom
  4. penghantar
  5. kapasitor
  6. induktor
  7. semikonduktor
  8. superkonduktor
  9. solar sel
Nah sekian pendahuluan dari mata kuliah Bahan-Bahan Listrik. Nantikan postingan selanjutnya untuk melihat pembahasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar